Selasa, 15 Maret 2016

SERASI: Tak Harus Selalu Sama


Sering kau menanyakan kepadaku tentang perpaduan warna. Terlebih lagi, ketika hendak mengenakan pakaian untuk acara tertentu. Sambil melenggak-lenggok bak seorang peragawati, kau bertanya padaku tentang keserasian pakaian yang sedang kau kenakan. Ya, dahiku spontan mengkerut. Menebalkan kerutan-kerutan yang telah lama aku miliki karena –kata orang terlalu banyak berpikir, entah untuk hal penting ata tidak- berpikir semenjak aku bisa menikmati nikmatnya berpikir.

Selain romantis, serasi adalah kata yang sulit mendapatkan definisi dalam alam pikiranku. Tengoklah saja, sederhananya saja misalnya, apakah warna dominan pakaian yang aku beli atas pilihanku sendiri: pastilah dengan mudah kau akan menjawab bahwa rona warna pakaianku hampir seluruhnya berwarna gelap. Hitam adalah warna yang sering aku pilih selain coklat kehitaman, hijau kehitaman, kuning kehitaman, bahkan putih kehitaman dan warna lain yang kehitam-hitaman. Padahal, warna favoritku adalah coklat. Tetapi jarang aku memilihnya sebagai warna dasar pakaianku.

Aku pun tak habis pikir, entah ini terjadi pada semua wanita atau tidak, bahwa ketika berbelanja memilih pakaian, sering kau memilah-milah warna dan model baju yang cocok buatku. Berjalan mengitari toko-toko, kios-kios, dan pojok-pojok mall untuk mendapatkan pilihan terbaik untukku. Sebagai lelaki, itu sangat memudahkanku tetapi juga menguras sedikit lebih banyak tenaga dan waktu (akan aku bahas di judul yang lain). Hingga menemukan yang pas buatku, sering kau bilang “Nah, ini saja. Pas! Lucu deh” dengan nada yang optimis dan persuasif layaknya presenter MLM. Tetapi anehnya, hal itu tidak muncul setiap kali kau hendak memilih pakaian untukmu sendiri. Keragu-raguan selalu datang menyelimuti setiap pilihan. Kau pun berkali-kali bertanya tentang keserasian.

Jawabku sederhana: aku tak paham komposisi warna dan model pakaian.

Bagiku serasi adalah aku bisa menua-bersanding bahagia dan sehat bersamamu dengan segala perbedaan yang kita miliki untuk satu tujuan yang pasti.


Dalam rinai hujan pagi, Jogokaryan
150316/0759

2 komentar: