Rabu, 09 Maret 2016

GMT: Dikiranya Kerja Lembur


Diprediksi oleh berbagai kalangan, hari ini Rabu 9 Maret 2016 akan terjadi Gerhana Matahari Total yang bisa diamati di wilayah Indonesia. Hari ini juga bertepatan dengan perayaan Hari Nyepi bagi yang merayakan.

Cuplis, Ayo berangkat. Masjid sudah woro-woro tuh. Biar gak terlambat sholat gerhana.
Iya bentar. Sebentar, Jarno.
Kenapa sih?
Bentar aja. Aku mau ngecek ke kandang dulu. Itu sih Sijago ku kok sepertinya galau ya.
Halah, jan. marai mambu kalau sholat.
Sebentar aja.
Yo wes. Ndang ndang.

Cuplis mampir ke samping rumah untuk mengecek kondisi Sijago. Dia belingsutan mondar-mandir mengelilingi kediamannya.

Hei hei, Sijago, kenape lu?? Santai aja. Santai. Ini Cuma gerhana. Bukan kiamat, sambil ngelus-ngelus Sijago, Cuplis berbisik mesra. Masa depan masih panjang. Umur kita dan kehidupan masih panjang. Tenanglah. Apa kamu mau minta kawin?
Cuplis, ayo buruan!! Sudah takbir ituh!
Iya sebentar! Sijago, sabar ya… tenangkan dirimu, aku tak sholat sik. Setelahnya, aku akan kembali menyapa mu.

Cuplis dan Jarno berlari menyegerakan diri untuk ikut sholat gerhana di masjid sebelah rumah. Setelahnya, benarlah, Cuplis langsung kembali ke kandang menemani Sijago. Sementara Jarno, berkumpul di lapangan bersama teman-teman untuk menyaksikan gerhana matahari total.
Kenapa, kenapa Sijago? Tenang tenang!! Gerhana ini hanya berlangsung beberapa menit kok. Tenang tenang!!!

Benarlah. Gerhana Matahari Total datang. Langit menjadi gelap. Setiap orang berteriak takbir, tasbih, dan segala ungkapan syukur dilantunkan. Beberapa detik berlangsung. Berganti menjadi menit. Dan semburat cahaya metahari mulai kembali tampak. Tak lama, badan Sijago menegang dalam pelukan Cuplis. Cuplis bingung.

kukuruyuk!!!!” “Kukuruyuk!!!”
Woooo…. Semprul. Kaget aku. Wooo jebul kamu galau karena kamu gak tahu kalau Gerhana Matahari Total itu gelap po?? Ini pagi bro, bukan malam berganti pagi!!! Wooo..pekok!! gak usah berkokok lagi. Bayaranmu menjalankan tugas cukup ketika fajar subuh datang aja. Gak ada uang lembur lho!! Jadi gak usah berkokok!! Ini baca infonya di Koran. Atau tak bacain?

Cuplis, ada apa bro?? jangan berantem sama ayam mu!
Enggak, Jarno. In Sijago galau. Dia kira dia harus kerja lembur. Perasaan dia baru aja berkokok beberapa jam yang lalu menandakan fajar subuh datang tetapi kok ini dah gelap lagi, njuk dia berkokok lagi. Dia galau karena kan gak ada uang lembur untuk berkokok.
Wolah. Ayam sama yang punya sama-sama koplak. Pekok!


Jogokaryan, 090316/0833

0 komentar:

Posting Komentar