Sabtu, 20 Desember 2014

Aku Tak Ingin Melukainya



Kenapa lagi kau Cuplis?, sapa Jarno yang melihat Cuplis kebingungan.
Gak kenapa kenapa, Jarno, aku lagi mikir nih, konsentrasi, Cuplis ingat gaya Einstein berpikir maka bergayalah dia seperti beliau.
Mikir apa lah?? Gaya betul kau. Emangnya kamu punya otak?
Wah ngece kau ini.
Loh aku gak ngece, Cuplis!!! Ini fakta.
Fakta apa?, intonasinya naik.
Fakta bahwa tiap hari kamu langganan beli makanan ‘otak-otak’ di pertigaan UNY. Itu menandakan kamu gak punya otak lalu beli ‘otak-otak’ biar kamu jadi punya otak. Dong siki???
Ow hahaha…lah kamu juga langganan kok
Tapi aku kan beli cimol bukan otak-otak wkwkwk.
Mbuhlah. –Cuplis mikir lagi dengan penuh keseriusan-. Gimana caranya yak?
Hemmm… sombong sih, sok pintar, gak mau ngajakin diskusi. Susah kan jadinya cari solusi. Eh Om John dan Paman Pithak bilang, jangan segan untuk meminta pendapat orang kalau sedang ada masalah. Siapa tau solutif.
Kamu juga sok pintar, Jarno.
Loh?
Sok bisa ngasih solusi!!!
Loh? Yo wes karepmu!
-Cuplis mengeluarkan baju kotornya, warna coklat, kemeja, masih tampak baru. Dia letakkan di atas meja dimana mereka berdua sedang duduk, eyel-eyelan-
Kamu nyuri baju to?, tuduh Jarno.
Husssttt. Lambe mu dikrangkeng sitik ngapa!!!
Heuheuheu… lha njuk piye??gimana gimana?ini yang kamu pikirkan dari tadi?
Iya
Baju beli dimana?
Gak tau
Harganya?
Gak tau
Berarti bener koe nyolong ki?
Aku dibelikan, Jarno! Sama doi kemarin.
Ciye ciye ciye ciye hasyimmmmm hasyimmmm, duh hidung ini jadi gatel…harusnya seneng, kenapa mukamu jadi kayak onta gitu??
Aku seneng, Jarno. Ini menjadi simbol rasa cinta dia pada ku.
Ya dah. Dirawat yang bener, dicuci, disetrika, disimpan dan kenakan baik baik sebagai bentuk cintamu juga. Tuh, aku solutif kan!!
Itu yang jadi masalah!!!bukan solutif!!!
Loh?
Simbol, dalam ilmu bahasa atau linguistik, memiliki hubungan yang erat dengan makna yang disimbolkan, berarti baju ini erat dengan rasa cintanya padaku. Kalau aku merusak baju ini, berarti aku pun menciderai cintanya padaku. Tau kan lu!!! Kalau baju dicuci berarti baju itu dikucek kucek, kalau disetrika, berarti baju itu akan berteriak karena kepanasan. Itu menyakiti simbol cintanya!!!
Loh?? Gila lu gila!!! Sumpah. Cinta bikin lu gila, jomblo bikin lu alay!!! Gue bilang om John ma paman Pithak ah… biar dikasih obat penurun panas!!
Ya nganalah, ora urusan!!
BaitApat, Klebengan, 040913/1240 

0 komentar:

Posting Komentar